Obat yang Boleh diberikan kepada Bayi

Selasa, 09 Agustus 2011

Orangtua kadang ragu saat harus memberikan obat untuk buah hatinya. Tapi jika anak sudah merasa kesakitan, akan lebih buruk lagi jika membiarkannya. Karena itu kenali obat-obat apa saja yang boleh dikonsumsi bayi.

Obat yang diperuntukkan bagi bayi terkadang memang dijual bebas, tapi sebenarnya ada obat yang kurang efektif dan hanya memberikan efek plasebo saja.

Efek plasebo adalah jika suatu obat dikatakan bisa membuat kondisi anak membaik, maka sepertiga populasi anak akan merasakan hal tersebut (kondisi membaik).

Ada beberapa jenis obat untuk bayi, yaitu:

Jenis obat cair. Kebanyakan obat-obatan khusus untuk bayi dibuat dalam bentuk cairan (sirup). Cara termudah untuk memberikannya adalah melalui pipet (tabung suntik khusus untuk obat), usahakan untuk mengarahkan obat ke dinding dalam pipi bayi dan bukan ke pangkal tenggorokan sehingga bayi tidak tersedak.

Jenis obat supositoria. Jenis obat ini biasanya diberikan pada bayi melalui anus. Caranya masukkan obat yang ujungnya berbentuk seperti peluru ke lubang anus, lalu rapatkan kedua belah pantat bayi selama beberapa saat agar obat tidak terdorong keluar lagi.
Jenis obat tetes. Obat ini biasanya diberikan sebagai obat tetes mata, obat telinga atau obat untuk mengatasi masalah di hidung.

Tak ada salahnya jika orangtua meminta saran dari apoteker atau dokter mengenai obat-obatan yang bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. Selain itu pastikan juga bahwa obat tersebut sesuai dengan usia anak, menyimpannya di luar jangkauan anak-anak serta dosis yang diberikan tidak melebihi dosis harian. Ketahui obat-obat apa saja yang bisa dikonsumsi, yaitu:
Obat Kegunaan Cara pakai
Parasetamol Demam dan nyeri Oral (mulut) dan anus (supositoria)
Ibuprofen Dema, nyeri dan peradangan Oral (mulut)
Obat batuk Berbagai tipe batuk (kering, berdahak dan lainnya) Oral (mulut)
Antihistamin Reaksi alergi akut, alergi serbuk sari Oral
Cairan rehidrasi Gastroenteritis (peradangan organ perut dan usus) akut dan penyakit dengan risiko dehidrasi Dicampur dengan air (oralit) untuk diminum
Tetes hidung salin Melapangkan hidung yang tersumbat Nasal (lewat hidung)
Gaviscon bayi Mengobati refluks gastroesofageal (naiknya asam lambung ke tenggorokan) Dicampur dengan susu
Laktulosa Sembelit ringan Oral
Senna Sembelit sedang Oral
Krim steroid Eksim yang meradang Dioleskan pada kulit
Emolien Kulit kering dan eksim Dioleskan pada kulit
Gel gigi Gusi nyeri Dioleskan pada gusi
Lotion telur kutu Kutu rambut Digunakan pada kulit kepala
Obat cacing Untuk cacing kremi Bentuk tablet atau sirup

Hal terpenting yang harus dipahami oleh orangtua adalah jangan pernah memberikan aspirin pada anak di bawah usia 16 tahun kecuali diresepkan oleh dokter anak. Hal ini karena aspirin dihubungkan dengan penyakit langka yang berpotensi mematikan dan disebut dengan sindrom Reye.

29 komentar

Zona Download Gratis mengatakan...

kl salah kasih obat bisa fatal akibatnya

Polbeng Kidz mengatakan...

malam2 begini enaknya berkunjung ke tempat sahabat....

distributor sprei mengatakan...

thaks Gan your blog baggus info and useful, greetings and salutations successful blogger

Dijual Rumah mengatakan...

wah gak boleh sembarangan ngasih obat buat bali bhaya sekali

ON THE SPOT mengatakan...

oh, jdi tau akhirny dri apa saja yg tak diperbolehkan..

TOP BLOG mengatakan...

Tips Yang Sangat Bermanfaat menambah wawasan tentang Balita...

Scaffolding mengatakan...

wah emang bener nih harus hati2 dalam memberikan obat :D

Doni mengatakan...

Seperti di iklan buat anak kok coba2

adit mengatakan...

lama tidak berkunjung, walaupun sudah jarang update terlihat masih rapi, salam blogging

Di Jual Rumah mengatakan...

bayi mah sangat sensitive haha :D

training di malang mengatakan...

kunjungan sob ..
mau bagi-bagi kalimat motivasi sob ..
"saya belajar menggunakan kata 'tidak mungkin' dengan sangat hati-hati."
kunjungan balik ya sob .. :)

cara pemesanan trica jus mengatakan...

betul, jangan asal asalan kalo ngasih obat ke anak..........

IndeHost Web Hosting Bagus dan Murah Indonesia mengatakan...

wah rasanya kasian kalau sudah bayi dikasih obat, mending pake cara tradisional aja dulu deh IndeHost Web Hosting Bagus dan Murah Indonesia

Superjudi.Com Agen Bola Terbaik Dengan Bonus Melimpah mengatakan...

terima kasih atas infonya :D

Mesin Press Kaos mengatakan...

Great write-up, I’m regular visitor of one’s site, maintain up the excellent operate, and It's going to be a regular visitor for a long time.

Channelbola.com Agen Bola Resmi Piala Eropa 2012 mengatakan...

iyaa gan harus hati2 :D

kontraktor bangunan mengatakan...

biar aman lebih baik tanya dokter aja...apalagi untuk bayi...

Fairbet88.com dukung fairplay EURO 2012 mengatakan...

hati-hati deh kalau untuk bayi, apalagi anak sendiri
Jangan lupa kungjungi, Fairbet88.com dukung fairplay EURO 2012

birthday party mengatakan...

thx buat infonya :D

Bang Ancis mengatakan...

Wah bisa jadi pelajaran untuk keluarga baru nih... kalo difikir2 percuma saja nyari anak kalo akhirnya hilang gara2 salah ngasih obat... thanks infonya Sob..

~/Sukualamx86 mengatakan...

info yang bermanfaat

sepeda motor bebek injeksi kencang dan irit jupiter z1 mengatakan...

bahaya gan memang

crane mengatakan...

semoga info dibawah ini bermanfaat Crane

grosir aksesoris mengatakan...

untuk anak memang sebaiknya berhati hati dalam meberikan obat dan jangan sembarangan.

Obat Pencegahan HIV mengatakan...

pada usia bayi memang harus lebih ekstra untuk pemilihan obat-obatan .

Denny blogspot mengatakan...

assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini....visit balik ya sob..

Denny blogspot mengatakan...

Denny blogspot,,Please visit & support me back. THX & BW.

Jam Tangan Kw mengatakan...

info yang bermanfaat

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut