Penyakit Remaja 2010

Minggu, 26 September 2010

Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Infobesitas, kebanyakan informasi menjadikan remaja stress.

Info Berlebihan
Bukan kelebihan lemak di badan, atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas, tapi sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru. Keluhan dari orang yang dihinggapi kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita ini: badan letih, kurang tidur, masalah konsentrasi. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa: orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.


Teknologi Internet
Penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi, teristimewa internet. Remaja mencari sendiri luapan informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter  dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-tuja. Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka.

Stress
Ditambah lagi dengan HP yang dilengkapi sarana internet. Sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stress.

Pengawasan
Padahal para ahli menilai bahwa di usia remaja, otak manusia belum tumbuh sempurna, dan masih sangat peka dengan informasi dari luar. Perilaku kecanduan games meningkat, sementara orang-orang dewasa di sekeliling, seperti guru dan orang tua tidak bisa lagi mengawasi.

Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stress info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi yang terganggu.

Trend 2010
Istilah infobesitas dicetuskan pertama kali oleh Rosa-Maria Koolhoven 23 tahun dari kota Utrecht. Dia bekerja di sebuah biro pengamat trend remaja di Belanda. Infobesitas, adalah trend tahun 2010.

17 komentar

Kumpul tutorial mengatakan...

iya nih sekarang kelima2nya udah jadi treng remaja sekarang

Serba Blog mengatakan...

bener tuh sob...

minal aidin wal faizin ya..

Niamblog mengatakan...

emang sob aneh2 penyakit sekarang ini..he...he...
oke maju terus blognya salam blogger

uchu mengatakan...

hha, ada ada saja penyakit yang diderita yh..

lanankz mengatakan...

wew... saya tiap hari online muluu... xixixi

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

mudah2n saya gak kena yang kaya ginian :)

Fir'aun NgebLoG mengatakan...

itu sich baru penyakit remaja...
klo buat orangtua penyakit 2010-nya apa?...

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

betul sahabat apapun yang berlebihan biasanya meninggalkan efek negatif, semuanya harus dilakukan secara berimbang, nice posting.

anak nelayan mengatakan...

walaupun sering2 lama2 di depan kompi
mudah2 an saya tidak stres..amien

Lengyel Jolán /Joli/ mengatakan...

Hello! Thanks for visit...Visiting beautiful joyful day to you :)

afey aja mengatakan...

wah sob sangat benar sekali,, lam kenal yua sob...

pushtop ® mengatakan...

Berbagai macam versi expresi gaya remaja .....menurut pengamatan selama itu tidak terlalu merugikan why not....fun aja,yang jelas pengawasan dan komunikasi memang paling utama...nice info

Denny's blog mengatakan...

wahh...
bener sob..
ane setuju

ashtho software easy mengatakan...

Bener banget tuh sob,,, saya termasuk salah satunya,,,, pusing mikirin informasi komputer yang setiap hari berekmbang.......

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

stres adalah masalah besar... :D

vini vidi vucinic mengatakan...

Saya pikir ketakutan yg berlebihan tentang remaja. Padahal buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Efek-nya tdk seberapa dibandingkan KORUPTOR...

tips memilih template blog mengatakan...

stress, untuk mengendalikannya mungkin perlu ketawa seperempat jam sebelum ngidupin pc he he.. lama tak bersua sobat :)

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut