Mengapa Kita Selalu Mengantuk di Malam Hari ?

Jumat, 04 Juni 2010

Pernahkah shobat semua bertanya, mengapa saat malam kita mengantuk ? atau Mengapa masyarakat pedesaan yang belum ada listrik cencerung tidur lebih awal dimalam hari ? Jawabannya adalah karena adanya hormon Melatonin. SCN akan memerintahkan tubuh kita untuk mengeluarkan hormon Melatonin ini saat hari sudah gelap.

Selanjutnya hormon melatonin akan memerintahkan tubuh untuk beristirahat, namun dengan kehadiran lampu listrik yang membuat suasana malam hari menjadi terang menghambat dikeluarkannya hormon melatonin, sehingga saat ini jam tidur manusia lebih larut malam dari pada sebelumnya.

Tubuh manusia mudah beradaptasi. Misalnya, untuk pekerja yang bekerja dimalam hari, SCN akan beradaptasi dalam mengeluarkan hormon melatonin, sehingga mereka akan tetap terjaga walaupun hari sudah gelap. Bila malam semakin larut, kita akan lebih merasakan kantuk, ini disebabkan hormon melatonin yang dihasilkan semakin meningkat dan juga turunnya suhu tubuh dan tekanan darah dalam tubuh.

Agar dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, tubuh membutuhkan tidur. Tidur sehat manusia adalah 7 samapi 9 jam setiap hari. Perbaikan sel ini dipicu oleh hormon yang bernama Human Growt Hormone (HGH).

Maka itu dengan jam tidur yang cukup, rata-rata 8 (delapan) jam perhari, sama saja dengan membiarkan tubuh anda memulihkan diri kembali. Tentu ini akan membuat Anda bangun dengan sehat di pagi hari.

4 komentar

Miss Rinda mengatakan...

Hmmm gt ya, tp knp ada jg yg susah tdr ya biarpun hormon melatonin udh merintah suruh istirahat ^_^?

btw mksh udh mmpir y,sklyan aq follow td, kal boleh tukeran banner ^_^?

Warm Greetings,
Miss Rinda - Personal Blog

PIK REMAJA AL-HIKMAH mengatakan...

Mungkin karena faktor pikiran dan strees, tuch salah satu yg membikin orang susah tidur

PIK REMAJA AL-HIKMAH mengatakan...

bisa jg badannya lagi ndhablek, ndak mau disuruh..

Ummiega mengatakan...

Sudah delapan tahun ini saya jarang tidur malam... knapa ya mata disuruh tidur gak mau...

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut