Asma (Asthma) pada Remaja dan Dewasa

Rabu, 28 April 2010



Gambaran tentang paru-paruTopik ini untuk Anda?

Topik ini memberikan informasi tentang penyakit asma (asthma) di remaja dan dewasa. Jika Anda mencari informasi tentang penyakit asma pada anak-anak usia 12 dan lebih muda, lihat topik Asma (Asthma) pada Anak.

Apakah penyakit asma (asthma) itu?

Penyakit asma menyebabkan pembengkakan dan peradangan di saluran udara yang mengarah ke paru-paru. Ketika penyakit asma kambuh, maka saluran udara menjadi sempit dan kencang. Sehingga udara bisa lewat dengan mudah dan membuat Anda sulit untuk bernafas. Hal ini juga disebut serangan asma atau exacerbations.
Penyakit asma menyerang orang-orang dalam berbagai cara. Beberapa orang hanya ada serangan asma selama musim alergi, atau ketika mereka menghirup udara dingin, atau saat mereka latihan. Lainnya memiliki banyak serangan buruk yang membuat mereka sering ke dokter.
Bahkan jika Anda memiliki serangan asma yang jarang, anda masih harus merawat penyakit asma Anda. Bengkak dan peradangan di saluran udara dapat mengakibatkan perubahan permanen pada saluran udara dan melukai paru-paru Anda.
Banyak orang memiliki asma yang aktif. Meski asma merupakan penyakit seumur hidup, pengobatan dapat mengendalikan penyakit asma dan Anda tetap sehat.

Apa yang menyebabkan penyakit asma?

Para Ahli tidak tahu persis apa yang menyebabkan penyakit asma. Tetapi ada beberapa hal yang kami ketahui:
  • Penyakit asma merupakan keturunan.
  • Penyakit asma jauh lebih umum pada orang dengan alergi, meskipun tidak semua orang dengan alergi mendapat penyakit asma. Dan tidak semua orang dengan alergi memiliki penyakit asma.
  • Pencemaran dapat menyebabkan asma atau membuatnya lebih buruk.

Gejala asma apa saja?

Gejala penyakit asma dapat ringan atau parah. Anda mungkin memiliki serangan ringan sekarang dan kemudian, atau mungkin gejala penyakit asma parah setiap hari, atau mungkin perpaduannya. Seberapa sering anda memiliki gejala-gejala juga dapat berubah. Bila Anda memiliki penyakit asma, Anda dapat:
  • Desahan, membuat keras atau lembut siulan kebisingan yang terjadi bila anda bernafas dalam dan keluar.
  • Batuk.
  • Merasa keketatan di dada.
  • Merasa kekurangan nafas.
  • Kesulitan tidur karena batuk atau sulit bernapas.
  • Cepat lelah saat latihan atau olahraga.
Gejala Anda mungkin parah pada malam hari.
Serangan asma parah dapat mengancam jiwa dan memerlukan perawatan darurat.

Bagaimana penyakit asma didiagnosis?

Bersama dengan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya tentang kesehatan, dokter Anda mungkin akan melakukan tes fungsi paru-paru. These tests include: Tes ini meliputi:
  • Spirometry. Dokter menggunakan tes ini untuk mendiagnosa dan memantau penyakit asma. Itu mengukur seberapa cepat Anda dapat memindahkan udara ke dalam dan ke luar paru-paru Anda dan berapa banyak udara yang bergerak.
  • Peak expiratory flow (PEF). Hal ini menunjukkan seberapa cepat Anda dapat bernafas saat Anda mencoba sekuat mungkin.
  • Sebuah latihan atau tantangan inhalasi. Tes ini mengukur seberapa cepat Anda bisa bernafas setelah latihan atau setelah meminum obat-obatan.
  • Ronsen dada, untuk melihat jika ada penyakit lain yang menyebabkan gejala Anda.
  • Tes alergi, jika dokter Anda berpikir gejala Anda dapat disebabkan oleh alergi.
Anda harus rutin checkups dengan dokter Anda untuk melacak penyakit asma Anda dan memutuskan pengobatan.

Obat Asma?

Ada dua bagian untuk pengobatan penyakit asma. Tujuannya adalah untuk:
  • Kontrol asma jangka panjang. Untuk melakukannya, gunakan rencana harian perawatan asma. Ini adalah rencana tertulis yang menginformasikan tentang obat yang diambil. Hal ini juga membantu Anda melacak gejala dan mengetahui dengan baik perawatan / pengobatan sedang bekerja. Banyak orang mengambil obat pengontrol yang biasanya merupakan inhaled corticosteroid setiap hari. Menggunakan obat pengontrol setiap hari membantu mengurangi pembengkakan di saluran udara dan mencegah serangan. Dokter akan menunjukkan cara menggunakan pengisap dengan benar. Hal ini penting agar Anda mendapatkan jumlah obat yang benar untuk membantu Anda bernafas lebih baik.
  • Perlakuan ketika serangan asma terjadi. Menggunakan rencana tindakan asma, yang memberitahu anda apa yang harus dilakukan bila Anda memiliki serangan asma. Membantu Anda mengidentifikasi memicu yang dapat menyebabkan serangan asma Anda. Anda menggunakan obat-obatan penyelamat, seperti albuterol, selama serangan.
Jika Anda perlu menggunakan inhaler penyelamat lebih sering dari biasanya, bicaralah dengan dokter. Ini adalah tanda bahwa penyakit asma Anda tidak terkontrol dan dapat menimbulkan masalah.
Serangan asma dapat mengancam hidup, tapi Anda mungkin dapat mencegah mereka jika anda mengikuti rencana. Dokter dapat mengajarkan keterampilan yang anda perlukan untuk menggunakan perawatan asma dan rencana untuk tindakan.

Bagaimana Anda mencegah serangan asma?

Anda dapat mencegah beberapa serangan asma oleh menghindari hal-hal yang menyebabkan mereka. Hal ini disebut pemicu. Pemicu bisa berupa:
  • Irritants di udara, seperti asap rokok atau polusi udara. Jangan merokok, dan coba untuk menghindari sekitar mereka yang merokok.
  • Hal-hal yang Anda alergi terhadapnya, seperti bulu binatang peliharaan (kucing, anjing), debu, kecoa, atau serbuk sari. Bila Anda dapat menghindari hal-hal yang Anda alergi terhadapnya. Hal itu dapat juga membantu memastikan untuk memilih jenis obat alergi.
  • Tanya tentang dokter menggunakan inhaler (pengisap) jika latihan ini dapat memicu Anda.
  • Hal-hal lain seperti panas, udara dingin, infeksi, atau obat-obatan, seperti aspirin dan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs).  Coba untuk tidak latihan di luar saat itu dingin dan panas. Berbicara dengan dokter tentang beberapa vaksin untuk mencegah infeksi, dan bertanya tentang obat-obatan apa yang harus Anda hindari.
Kadang-kadang anda tidak tahu apa yang memicu serangan asma. Ini mengapa pentingnya untuk memiliki rencana tindakan penyakit asma yang memberitahu anda apa yang harus dilakukan selama serangan.

3 komentar

yohan wibisono mengatakan...

pertanyaannya adalah: apakah ada kesamaan antara penyakit TBC dengan penyakit ASMA? karena menurut saya, keduanya sama sama menyerang paru paru. Jadi menurut anda, apakah penanggulangan terhadap penyakit TBC sama dengan penyakit ASMA?

PIK REMAJA AL-HIKMAH mengatakan...

Menurut yang saya ketahui antara Asma dan TBC itu berbeda,biarpun sama-sama menyerang paru2. Dilihat dari gejalannya saja sudah berbeda, Asma menyebabkan si penderita susak nafas atau sesak nafas, sedangkan TBC batuk yang tak kunjung berhenti dan berkeringat banyak dimalam hari.

Ada satu kesamaan antara Asma dan TBC yaitu sama-sama akan kembali kapan saja atau kambuh.

Untuk penderita Asma disarankan jaga kesehatan tubuh, jangan terlalu lelah, dan hindari faktor pencetus.

Anonim mengatakan...

TBC itu disebabkan oleh mikroorganisme tubercullosis. yang mudah kena TBC biasanya mereka yang banyak menghirup udara yang kotor. seperti mereka yang bekerja di konveksi, dll.

TBC itu sifatnya menular sedangkan asma tidak menular.
penderita TBC biasanya batuk disertai dahak yang berwarna hijau. dahak nya itu salah satu carier penyakit TBC. jadi hati - hati kalo ada yang buang dahak buangnya jangan sembarangan. harus ditempat yang aman. mikroorganisme tuberculosis bisa mati kena cahaya matahari.

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut