Sejarah BLOG

Kamis, 22 April 2010

Wah.... semakin lama nama Blog semakin pupuler di telingan masayarakat, baik nasional maupun internasional, dari mahasiswa hingga anak SMp sudah mulai memmulai aktivitas nge-BLOG. tahukah anda sekalian sejarah awal mula BLOG, okelah kalau begitu "ha... ha... kayak judul lagu az" langsung aza ga sah pakai basa-basi : 1... 2... 3... mulai

Okelah kalo Begitu...

Masih ingatkah dengan Mosaic ?? Yup benar, dia adalah browser pertama kali di jagad internet-an, jauh sebelum munculnya IE ( Internet Explorer ) dan Netscape. Pada browser tersebut terdapat halaman What’s New yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Marc Anderson ( si pembuat browser tersebut ). Nach blog pertama kemungkinan adalah halaman What’s New itu, tapi masih sederhana banget. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai membuat website pribadi bernama Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa sekarang. Hal ini disebabkan karena pada saat itu tidak semua orang bisa membuatnya, saat itu masih diperlukan suatu keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, bahasa HTML dan Java Script, dan web hosting blog. Sehingga pada waktu itu hanya mereka2 yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator atau Web Designerlah yang menciptakan blog-blog disela2 kesibukan mereka.

Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan sedikit pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu ( Juli 1999 ), Pitas telah terlebih dulu menyediakan layanan yang serupa dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak sehingga akhirnya muncullah Blogger.com. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.

Melihat perkembangan blog yang begitu pesatnya, kemudian pada akhir tahun 2002, perusahaan besar search engine Google.com mengakuisi atau membeli Blogger.com dari PyraLabs. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka dan free yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

2 komentar

ELANG ANTARNUSA mengatakan...

Sy baru tw, keep posting

Azumamaro Nakamura mengatakan...

Wow, keren. nice info. berguna sekali

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut