Berolah Raga Yang Murah dan Sehat

Rabu, 14 Juli 2010

Banyak catatan positif betapa besar manfaat Brisk Walking ala Cooper. Tak perlu seberat jogging karena terbukti berjalan kaki cepat memberi hasil yang sama. Brisk walking yang dilakukan rutin menurunkan resiko stroke, diabetes, osteoporosis, hipertensi dan penyakit paru-paru. Berjalan kaki cepat rata-rata biasanya menurunkan penyakit menahun sampai 40% (Joann Mansion).

Dengan brisk walking tekanan darah juga turun, kolesterol baik HDL meningkat, dan darah tidak saling lengkat, sehingga risiko penggumpalan darah yang berpotensi menyumbat pembuluh darah, menjadi berkurang. Tiga manfaat ini yang membantu menurunkan angka serangan jantung lebih separuhnya.

Angka serangan stroke berkurang dua per lima; berat badan ikut turun karena gajih dibadan dibakar lebih banyak. Kejadian diabetes sekurang-kurangnya ditunda, dan bagi yang sudah diabetes, kegiatan brisk walking menjadi bagian dari terapi juga. Begitu juga bila hipertensi masih ringan, tanpa intervensi obat brisk walking mampu mengendalikan tingginya tekanan darah.

Risiko osteoporosis pada usia tua berkurang sepertiga dengan rutin brisk walking sejak muda. Metabolisme kalsium membutuhkan juga latihan fisik (low impact) selevel brisk walking untuk menjaga daur kehidupan tulang (bone remodeling).

Kita tahu berjalan kaki cepat juga menguatkan otot-otot, urat persendian, selain persendiannya sendiri. Dengan demikian, kemungkinan terkena radang sendi lantaran pengaruh usia (osteoarthritis) yang lazim muncul seiring dengan bertambahnya umur, bias lebih ditekan. Termasukk mereka yang mengalami depresi (bentuk terbanyak dari stres) brisk walking dapat ikut menenangkan. Jangan lupa, brisk walking juga menghadiahkan manfaat kita terbebas dari ancaman kanker (American Cancer Society). Sekurang-kurangnya menambah umur 15 persen.

Brisk walking selain (1) merelaksasikan otot-otot dan persendian; (2) menggiatkan kerja pompa jantung; (3)
menderaskan aliran darah tubuh; (4) membuka pipa-pipa pembuluh rambut kapiler (collateral) tubuh yang sedianya menguncup; (5) menambah mekar pengembangan paru-paru; (6) menggiatkan semua sistem organ dalaman, termasuk sistem kekebalan tubuh.

8 komentar

Fauzi Akbar mengatakan...

Nice Post.

CongCot mengatakan...

waduch
sebegitunya manfaat dari olahraga seringan ini
hebat juga yaaa

Yuda kurniawan mengatakan...

Wah iya nih,, bener juga tuh banyak sekali manfaat dari olah raga. Hehehe, apalagi saya masih SMA, kan lumayan kalo pakai fasilitas / alat buat olahraga di sekolah . hehehe

Sebuah Tips mengatakan...

Coba parkour deh, sama sekali ga memerlukan alat bantu . . . hanya bawa badan aja . . .

Fauzi Akbar mengatakan...

Hebat Nih ... mksh atas infonya

Zendry Maulana mengatakan...

weddew bisa aq coba niih . nice post sobat .. menjaga kesehatan adalah suatu hal yang amat sangat penting ..

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

Saya bisa coba tipsnya,selain murah badan kitapun jadi sehat........

Ace Maxs mengatakan...

wah ternyata untuk sehat bisa dilakukan dengan cara yang sederhana .

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut