Percaya Diri

Jumat, 09 Juli 2010

Pengertian Percaya Diri

Percaya diri diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, serta dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik atau buruknya. Dengan kepercayaan diri dan penghargaan terhadap diri sendiri, remaja diharapkan dapat menilai apakah aktivitas yang dilakukan bermanfaat untuk dirinya dan lingkungannya atau bahkan sebaliknya akan merugikan orang lain dan dirinya. Kepercayaan diri berkaitan dengan harga diri (self esteem). Harga diri didefinisikan sebagai pandangan seseorang terhadap keunggulan yang dimilikinya, yang ditentukan juga oleh penampilan, kemampuan, kinerja, dan penilaian oleh orang-orang penting yang berpengaruh baginya. Harga diri dapat dikembangkan dengan cara berikut.
  • Berpikir positif
  • Bersedia mengambil resiko
  • Sabar terhadap diri sendiri
  • Menghindari pengaruh negatif
  • Bergaul dengan kelompok mendukung
  • Mengembangkan prioritas
  • Mengembangkan rasa humor
  • Menerima tanggung jawab
Biasanya orang yang memiliki rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri sendiri akan mampu mengaktualisasikan diri dalam lingkungannya dan lingkunganpun akan menerima dengan positif, sehingga dia
dapat menjaga dirinya dari pengaruh-pengaruh negatif bahkan dapat memberikan manfaat terhadap lingkungannya.
Sebaliknya orang yang memiliki kepercayaan diri yang berlebihan atau kurang atau orang dengan harga diri yang rendah cenderung mudah menemui masalah dalam kehidupannya, karena lingkungannya akan bereaksi negatif atas keberadaanya. Dengan demikian dia sangat mudah dipengaruhi atau diajak untuk melakukan hal-hal yang negatif sehingga merugikan lingkungan dan kehidupannya sendiri.

22 komentar

Gieterror mengatakan...

kadang" aku sering nggk pd,, mksi yy info ny..
sukses selalu

Admin Islamic.Net mengatakan...

makasih ya,,,

elin mengatakan...

Siip infonya..aku makin PD deh kalo gitu tentu yg positip.

muzzy musthofa mengatakan...

setiap orang memang haru percaya diri. yang penting jangan terlalu pede yg bisa2 jadi boomerang

Newbie mengatakan...

satu kalimat buat blog ini "KEREN", bener bermanfaat banget buat di share, thx sob.., di tunggu post selanjutnya.. :))

CongCot mengatakan...

rasa gk pede sering terjadi pada congcot
apa lagi ngurus blog congcot
waduch kadang putus asa

AZ COMSOFT mengatakan...

waduh, makai nih atas pencerahannya...keep posting

Rumah Imajinasi mengatakan...

makasih ya sob....info dan artikelnya....

dwi phazto mengatakan...

wah thanks ya sob infonya. Mudah2an saya bisa lebih percaya diri

Kang Deni mengatakan...

pelajaran yang sangat berharga mantap bro

pakies mengatakan...

indikator-indikator yang pas untuk memupuk rasa PD. Bahkan seseorang dengan keimanan yang mumpuni pada umumnya memiliki rasa PD yang baik, karena sandaran utama adalah Sang Khalik

download gratis mengatakan...

mantab sobat.. sungguh mencerahkan.. makasih.. semoga makin PD aja

Hayu Nur Mahron / BlazeHack mengatakan...

mantab sob.. mencerahkan hati yg membaca ..........

ArDa mengatakan...

Makasih sob atas pencerahannya.......

film dan software mengatakan...

wah,, betul sekali nih postingannya...setiap orang harus percaya diri...

aji mengatakan...

Kita Harus selalu percaya diri dan tidak boleh takut bayangan,,...

Hizrian mengatakan...

nice post

Ka Damar mengatakan...

Setuju lagi ^^

BOOK ONLINE mengatakan...

ada saatnya kadang2 ku merasa ga PD sob, karena belum mandi, berat badan naik, lupa pake parfum... he.. he.. selebihnya ku selalu PD sob...

Ka Damar mengatakan...

Setujulah ^^

MF Modifier mengatakan...

bener sob ! kita harus percaya diri disetiap waktu, kalau gak percaya diri, kita gak akan maju sob ^_^

film terbaru dan sofware mengatakan...

kata orang bijak "biar goblok asal PD"hehe..

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut