Tips Alami untuk Mengoptimalkan Kualitas Tidur

Jumat, 09 Juli 2010

Banyak orang berusaha memperbaiki kualitas tidur dengan cara yang salah, seperti makan berbagai obat tidur (baik obat tradisional ataupun obat kimia sintetis lewat resep dokter ) walau kadang obat tidur bisa membantu sementara waktu, tapi tidak memperbaiki kualitas tidur.

Berikut ini beberapa tips alami untuk mengoptimalkan kualitas tidur :
  • Lakukan olah raga secara teratur minimal setiap 2 hari 1x sampai target bisa berkeringat. Bila Anda sering sulit tidur lakukan itu di sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk di malam harinya unutuk memudahkan rasa kantuk.
  • Hindari minum banyak menjelang tidur, tapi minum 2 atau 4 jam sebelum tidur, agar ketika tidur tidak diganggu oleh rasa ingin buang air kecil atau sering buang air kecil di malam hari.
  • Hindari makan pada malam hari, sebaiknya 4 jam sebelum tidur sudah berhenti makan. Kalau menjelang tidur masih terasa lapar, sebaiknnya makan buah-buahan saja.Kebiasaan makan padat menjelang tidur itu akan menggagu kwalitas tidur, dan bukan hanya itu, pengolahan makanan pun tidak bisa di olah dengan baik ketika waktu tidur.
  • Karena tubuh istirahat di malam hari, yang seharusnya energi tubuh dipakai maksimal untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak, tapi justru itu tidak maksimal, karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Akibatnya kita sering merasa bangun tidur tidak segar, malah badan terasa pegal-pegal.
  • Selalu berdoa dan akhiri aktifitas kita dengan senyuman sebelum tidur. Ajaklah tubuh kita tersenyum walau Cuma beberapa saat menjelang tidur, itu akan memperbaiki kwalitas tidur kita.

19 komentar

dwi phazto mengatakan...

wah info yang bermanfaat nih. Saya sering ngantuk ni haha

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

Saya suka begadang gan..
ini Cocok untuk tips buat saya..

Nur Moch mengatakan...

wah sob ... booleh juga nich infonya ...

keep posting ya sob ............. ^_^

Newbie mengatakan...

Bener juga ne,, entar saya coba sob.., cz q sendiri jga kadang susah tdur :)) thx yach artikelnya.., bermanfaat banget :))

Admin Islamic.Net mengatakan...

makasih atas infonya ya

o'o mengatakan...

wah bagus jg nih.,.,.,.,

trulybetter alias fakta lompat mengatakan...

wah cara ini sepertinya cocok untuk ane yang sering tidur diatas jam 10.btw,akan saya terapkan cara ini kang.thank infonya.

Rumah Imajinasi mengatakan...

akan kucoba...heheh
thx infonya sob...
salam blogger Indonesia..

Angga Budi Santoso mengatakan...

Cocok buat ane. hehe, ane juga sulit klo tidur nyenyak. Tanks infonya ya. hehe

Fie' mengatakan...

siiip infonya....ya deh senyuuuummmm...

YHAS UNLIMITED mengatakan...

WAH TERMASUK SAYA NI SUSAH TIDUR ...HEHEH TIPS NYA MENARIK

asmanu mengatakan...

ok setuju sekali nih ....makasih atas sharenya....

dj sleep mengatakan...

wadoh..aq tersindir..hehe..thank banget nih tips-nya di praktekin ah..bisa gak ya..0(*_*)0

Ka Damar mengatakan...

Mantep banget tipsnya

Azhar the "Gryffindor" man mengatakan...

Haduuuhh, kalo saya malah susah tidkur mas, sekalinya tidur, bablas ^_^

MF Modifier mengatakan...

bagus nih sob ^_^ berguna banget ! makasih yah, ane print dulu

Ka Damar mengatakan...

setuju lagi

BOOK ONLINE mengatakan...

wah bagus nih infonya sob, gara2 nonton final kemari ku jadi kurang tidur sob, padahal pagi2 udah masuk nanganin pasien..makasih infonya nih, mau ku terapin dulu..

Pengobatan Polycystic Ovarian Syndrome mengatakan...

tips yang sangat bermanfaat :)

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut