Mengatur Pola Makan

Senin, 12 Juli 2010

Sehat dimulai dari apa yang kita makan. Tubuh yang sehat merupakan dambaan semua orang. Tubuh yang sehat merupakan harta yang tak ternilai harganya. Tidak sedikit orang yang menginginkan tubuhnya sehat namun hanya berpangku tangan dan berangan-angan saja. Tidak mau dan tidak berusaha bagaimana agar tubuhnya tertap sehat dan tidak sakit. Bahkan, sebagian besar dari mereka tidakmengetahui apa makna sehat, dan dari mana sehat itu berawal. Dari mana sehat itu berawal ? Sehat berawal dandimulai dari dapur rumah kita.


Tidak sedikit dari kita yang menghabiskan biaya begitu besar hanya untuk mempercantik dan memperindah dapurnya. Namun, sangat sedikit sekali atau mungkin bisa dikatakan tidak ada, orang berfikir tentang makanan dan minuman sehat apa yang akan dibuat di dapur rumahnya. Kebanyakan dari kita berfikir makanan enak apa yang akan di buat di dapur kita. Ironis sekali rasanya, kalau kita hanya berfikir tentang
bagaimana mempercantik dan memperindah dapur kita, tanpa berfikir makanan sehat apa yang akan dihasilkan dari dapurnya.

Kita perlu mulai berfikir dan berbuat, bagaimana caranya agar dapat membuat dan menghasilkan makanan yang bukan hanya enak di lidah tetapi juga sehat dibadan. Tuhan menciptakan beragam warna, rasa dari buah dan sayur tidak semata-mata untuk keindahan saja, namun itu semua diciptakan dengan beragam fungsi dan manfaatnya, serta memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Semakin banyak kita makan makanan yang hanya enak dilidah, namun kaya akan zat-zat adiktif dan miskin nutrisi, semakin cepat pula tubuh kitamenjadi haus atau rusak. 80 –90 % dari berbagai bentuk kanker berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu, pandai-pandailah kita memilih makan sehat yang bersifat anti arsinogenik. Semakin banyak kita makan makanan yang sehat, seperti sayur dan buah organik yang kaya akan gizi dan sehat, maka makin sehat pula tubuh kita. Memang tidak mudah dan tidak murah kita mendapatkan sayur dan buah organik, tapi setidaknya makan sayur dan buah yang banyak di pasaran, itu masih lebih baik dari pada kita tidak tidak memakanya sama sekali. Dengan catatan cuci yang bersih di air yang mengalir agar sisa–sisa dari cemaran pestisida, herbisida atapun fungsida yang ada bisa hilang. Sekali lagi ingat bahwa sehat tidaknya satu keluarga tergantung sejauhmana dapur rumahnya bisa menghasilkan makanan dan minuman yang bukan hanya enak tapi juga sehat.


Untuk kelangsungan hidupnya manusia membutuhkan makanan, terutama dengan makanan bergizi seimbang. Zatzat gizi utama yang terkandung pada makanan adalah protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin, mineral, dan air.

a. Karbohidrat
Karbohidrat dianjurkan 60% dari total kalori dalam sehari. Diperoleh dari nasi, jagung, gandum, tepung terigu, sagu, roti, bihun, kentang, pasta, ubi, dan singkong.

b. Protein
Protein dibutuhkan berkisar antara 20 – 50% dari total kalori yang diperoleh dari kacang kedelai, kacang
tanah, ikan laut, tawar, daging ayam tanpa kulit, sapi atau kerbo.

c. Lemak
Lemak dianjurkan tak lebih dari 25% dari total kalori yang meliputi lemak hewani dan nabati, misalnya minyak
goreng , mentega, alpukat, kelapa, dsb.

d. Vitamin
Vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna kurang lebih 10 % untuk tubuh.

e. Mineral
Mineral dapat diperoleh dari buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat sebanyak 10 %.

f. Air
Air dibutuhkan sehingga 50 % dari konsumsi tubuh. Air dapat diperoleh dari buah-buahan atau masakan berkuah selain air putih sebanyak 1.5-2 liter. 

Kebanyakan manusia makan mengikuti selera lidahnya ketimbang selera tubuhnya. Seperti kata pepatah, kalau kita sayang tubuh jangan manjakan lidah. Walaupun kebanyak kita makan asal enak dan kenyang, tetapi harus diingat, Tujuan utama kita makan adalah Untuk menjaga keseimbangan asam basa darah dan memberi asupan nutrisi yang lengkap dengan gizi seimbang.

21 komentar

Ka Damar mengatakan...

hahah, aku sih apa aja masuk Sob...

Gieterror mengatakan...

kalo aku yang penting maknyoss,,
hihhhi,, nice info broo..
aku bookmart blogmu sob..

BOOK ONLINE mengatakan...

wah kalo aku lagi diet karbohidrat sob, jadi maemnya banyak lauk dan buah ma sayur aja.. he.. buat jaga bentuk tubuh sob...nice info,,yg buat diet lagi sob..

paktua mengatakan...

ok. sob smg apa yg kita makan... menjadikan semuanya baeeeeek... trims sob.. bagus...bagus. bagus..

sodiyc & acun mengatakan...

INfo Bagus Kawan... Jangan lupa mampir juga di BLOG kesehatan Ane, campur ama trik blogging dan free sotware!

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

di mulut ane,makanan ape aje masuk gan,asal perut kenyang hatipun senag ...

YHAS UNLIMITED mengatakan...

wah kalo sehatnya mau sob,,,,,tapi kadang mengatur pola makan yang susah ngeremnya,hahaha

Karlz mengatakan...

Tips yg bagus nich.. skrg org2 pd sadar akan hidup sehat.. tp sayang d Indonesia para pedagang memikir-kan kantong sendiri sering melakukan kecurang.. entah itu d beri formalin, boraks dll.. padahal makanan yg d beri Tuhan smuanya baik untuk tubuh..

Sadarlah para pedagang nakal

Karlz mengatakan...

dan satu lagee ketinggalan..
sesuatu yang berlebihan tdk ada yg baik.. smua butuh keseimbangan ^_^

cukup sekian gan

Akbar mengatakan...

artikel bagus ni buat yang suka sehat sip dee

Newbie mengatakan...

Hehehehehe, baca artikelmu ane jadi mikir sob,, pola makanku tiap hari dah teratur nggk yach.. ? :)) bagus banget ne artikelnya.. thx ya sob dah mo share.., lanjut..

ANDI WONG mengatakan...

cara makan gw kayaknya kagak bener nih gan... :D maklum anak rantau.. hehe btw BLS FOLLOW ya... wa dah FOLLOW

Ferdinand mengatakan...

Klo masalah makan aku ga ada aturannya Sob.....jadi klo disuruh ngatur pola makan gimana ya hhaa......

Maaf baru bisa berkunjung lagi Sob....
Happy blogging n Semangat!!!

Nur Moch mengatakan...

wow. ... sob ... kalo aqw sih pola makannya ga terlalu aturan yach.... jd gmn ya ... ....

keep posting ...

Serba Serbi mengatakan...

tips yang baik,,
mudah2an saya bisa coba nih tips..
heheh

Fauzi Akbar mengatakan...

Wah Bagus nih Artikel nya...

Ka Damar mengatakan...

Setuju ahh....

^^

ArDa mengatakan...

Wah kalo ane apa aja masuk sob.....he3x

OKE BLOG mengatakan...

wah ternyata mengatur pola makan itu penting bgt nih. terima kasih atas infonya........

kristiyanto krisno mengatakan...

mantap sob....biar gak gemuk and terserang penyakit.. mantafff .......

Jelly Gamat mengatakan...

mengatur pola makan memang sangat penting karena dengan pola makan yang tidak teratur dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit .

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut