Gaya Hidup Remaja Masa Kini

Minggu, 18 Juli 2010

Gaya hidup merupaan gambaran dan sebuah cermin bagi setiap orang yang mengenakannya dan menggambarkan, seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat disekitarnya. Atau juga, gaya hidup adalah suatu seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Gaya hidup juga sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Semakin bertambahnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, maka semakin berkembang luas pula penerapan gaya hidup oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam arti lain, gaya hidup dapat memberikan pengaruh positif atau negatif bagi yang menjalankannya. Yah, tergantung pada bagaimana orang tersebut ngejalaninnya.

Dewasa ini, gaya hidup sering disalahgunakan oleh sebagian besar remaja. Apalagi para remaja yang berada dalam kota besar bahkan kota Metropolitan. Mereka cenderung bergaya hidup dengan mengikuti mode masa kini alias ala kebarat-baratan. Tentu saja, mode yang mereka tiru adalah mode dari orang barat. Jika mereka dapat memfilter dengan baik dan tepat, maka pengaruhnya juga akan positif. Namun sebaliknya, jika tidak pintar dalam memflter mode dari orang barat tersebut, maka akan berpengaruh negatif bagi mereka sendiri.

Salah satu contoh Gaya Hidup para Remaja yang mengikuti mode orang barat dalam kehidupan sehari-hari adalah masalah ”Berpakaian“. Masalah berpakaian para remaja masa kini selalu dikaitkan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Karena, sebagian remaja Indonesia khususnya, dalam berpakaian selalu mengkuti mode yang berlaku. Bahkan yang lebih menyedihkan, di stasiun-stasiun tv banyak ditampilkan contoh gaya hidup dalam berpakaian para remaja yang mengikuti mode orang barat. Otomatis bukan hanya remaja Metropolitan saja yang mengikuti mode tersebut, tetapi juga orang-orang yang berada dalam perkampungan atau pedalaman. Sebagian besar remaja Indonesia belum dapat memfilter budaya tersebut dengan baik. So, pengaruh negatiflah yang timbul dari dalam diri remaja itu sendiri.

Kita tahu bahwa mode yang dipakai oleh orang barat kebanyakan menyimpang dari moral. Sedangkan kita sadar bahwa Indonesia terkenal dengan kesopanannya dan budi luhurnya. Namun, sebagian remaja Indonesia kemudian meniru atau mengikuti mode orang barat tanpa memfilternya secara baik dan tepat. Dan mungkin itu akan berakibat buruk bagi generasi penerus kita nanti.

Contoh berikutnya, gaya hidup sebagian remaja yang mengikuti budaya orang barat adalah mengkonsumsi minum – minuman keras, narkoba, dan barang haram sejenislainnya. Mereka beranggapan bahwa jika tidak mengkonsumsi barang-barang tersebut, maka ia akan dinilai sebagai masyarakat yang ketinggalan zaman atau tidak gaul. Ini adalah pengertian yang sangat salah. Di era modern ini, memang para remaja dituntut untuk berhati – hati dalam segala hal. Baik dalam pergaulan, maupun penerapan kehidupan. Padahal jika kita teliti, minum – minuman keras dan narkoba dapat merusak kesehatan dan mental orang yang mengkonsumsinya. Tetapi mereka tidak begitu paham dengan istilah itu. Mengapa?? Lagi-lagi karena pengaruh perkembangan zaman dan teknologi melalui tangan orang barat. Minum – minuman keras dan narkoba adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh gaya hidup orang barat yang sangat berbahaya dan sangat berpengaruh bagi maju mundurnya suatu bangsa. Dan yang lebih anehnya, budaya tersebut telah diikuti oleh sebagian remaja Indonesia.

Untuk itu, di zaman yang serba modern ini orang tua yang mempunyai anak remaja harus memantau pergaulan, teman-teman, dan gaya hidup yang mereka terapkan. Dan untuk para remaja harus berhati -hati dalam menerima budaya dari luar dan harus bisa memfilter budaya dari luar secara baik dan tepat.

Hanya sebuah pesan dari PIK Remaja Al-Hikmah Buat Remaja Indonesia "Ingatlah Para Remaja Masa Depan Bangsa ini Berada di Pundak Kalian" bagaimana negara ini bisa maju dan jaya jika para remajanya banyak yang mengonsumsi Miras dan Narkoba, Bagaimana negara ini masih disebut Negara Timur yang terkenal dengan budinya jika kalian para remaja sudah melakukan hubungan pranikah.

18 komentar

Rumah Imajinasi mengatakan...

Wah info yang menarik...

anggasona mengatakan...

info yg sangat menarik dan bermanfaat sob, ty sdh share artikelnya :D happy blogging

ELANG ANTARNUSA mengatakan...

remaja yang meminum-minuman keras itu karena kurangnya perhatian dr orang tua, tp ad juga karena pengaruh orang tua. y, buat para remaja jangan merusak diri sendiri. krn akan menjadi penerus bangsa.

info menarik sob

Syara' Syafi'i mengatakan...

ini sangat bermanfaat untuk kita semua....thenk ya SOB

Information ,Technology Bisnis On-Line mengatakan...

boleh2 ja asal qt tau batas n norma2 nya

SyahidaComputer mengatakan...

Disini peran orang tua sangat besar pengaruhnya untuk mengarahkan remaja agar tidak terjerumus kepada gaya hidup yang negatif..

BeDa mengatakan...

Intinya, kembalilah kepada Islam. gaul boleh tapi tetap sya'ri, tidak melanggar aturan ISlam.

Salam ukhuwah

Andri Reborn mengatakan...

tank's infonya kawan,,, semoga para remaja skrng bisa mengerti,,

ditunggu onfo lanjutnyakwan,, nice

tabib mengatakan...

mantap.....sekali gaya hidup masakini

wiz mengatakan...

gaya hidup yg negatif memang lebih suka ditiru,,entah kenapa...

DEAS REVIDRIAN'S mengatakan...

jaman skarang tambah edan y......bnyak2 istighfar dech

Nur Moch mengatakan...

tmbah sip tuh .... tp kalo ngelakuin jgn lupa ma aturan perda tuch ... ntar kena sanksi lagi ..

Dea Punya | Blogger Ciamis mengatakan...

Haduh.haduh... kudu banyak.banyak istigfar. Lama-lama kalau kita pergi ke masjid dengan pakaian rapi dibilang tumben. Karena orang yang berpakaian rapi dan wangi kebanyakan mau jalan", pergi ke mall dll. nice artikel gan....

film dan software mengatakan...

mantab ni postingannya...

HAZEL DIO FEBRIADI mengatakan...

sip

Sir_Remo_Jr mengatakan...

Baru sempat mampir nih!Liat-liat dulu....Situsnya bagus nih!apalagi artikelnya, menarik banget!

Rumah Imajinasi mengatakan...

wah artikelny mantep...

dunia tambang mengatakan...

artikel yang menarik gan..
sebenarnya dari berpakaian kita bisa menjadi trendseternya dunia dengan menjadikan indonesia kiblat pakaian muslim dunia.
dan diharapkan remaja bisa mendukung hal ini.
dan untuk narkoba itu perlu penanaman dini akan dampaknya narkoba terutama dari orang tua.
dan yang tak kalah penting lingkungan remaja itu sendiri karena ini sangat berpengaruh besar pada remaja itu sendiri.

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut