Benarkan Indonesia Sudah Benar-benar Merdeka ?

Rabu, 18 Agustus 2010

65 tahun silam Indonesia memproklamirkan diri sebagai negara yang terbebas dari penjajah, sebagai negara yang merdeka. Tapi sekarang? Dibalik kemewahan dan gemerlapnya gedung-gedung tinggi pencakar langit, masih banyak mereka yang tidur dengan alas kardus dan koran. Dibalik perut-perut kenyang burger dan pizza, masih ada jutaan rakyat manusia yang kelaparan. Angka kemakmuran jauh dari kata memadai, jumlah kemiskinan dan pengangguran meningkat. Kelaparan dan kemiskinan semakin meraja lela

Triliunan uang yang sejatinya untuk rakyat hanya dinikmati segelintir oarng dan kelompok. Hutang semakin berlipat-lipat, kebutuhan sandang pangan melangit. Pemerasan, penindasan, beragam tindak kejahatan. Kekeringan, kebakaran hutan, banjir, longsor, dan beragam bencana alam selalu menjadi momok yang mengerikan. Miris memang jika disebut sebagai negara merdeka.

Pertarungan pelajar, sengketa tanah, bentrok warga dan masalah sosial lain yang tak ujung usai. Meski teroris-teroris telah tertangkap dan gembong-gembong sudah mati tertembak, bukan tidak mungkin muncul teror-teror baru yang lebih mengerikan, semoga tidak. Beberapa wilayah yang menginginkan kemerdekaan semakin memperburuk persatuan dan kesatuan Indonesia. Lantas benarkah bangsa ini benar-benar sudah terbebas dari segala jenis penjajahan? Benarkan bangsa kita sudah benar-benar merdeka?

27 komentar

Mas Bugie mengatakan...

itulah bedanya manusia made in indonesia dengan made in jepang, klo manusia indonesia cenderung hanya memikirkan perutnya dan perut keturunannya kelak, mereka berandai-andai dapat hidup kekal dengan memiliki banyak uang, makanya sikap egois dan penindas berlaku di negeri ini.

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

@Mas Bugie : Kwkkwk, kyak prodak barang saja pake Made In Japan dan Made In Indonesia

prayuza zafin mengatakan...

Bangsa Indonesia Merdeka dalam tulisan dan lisan,cuma blm dalam hak menurut saya..tulisan yg mencerahkan sob.

ELANG ANTARNUSA mengatakan...

Bangsa Indonesia memang telah merdeka. tetpi hanya dari penjajahan bangasa asing.

masih bny orang indonesia yg belum merdeka dari ketinggalan, kemiskinana, moral yang baik dan kemakmuran.

Terus bekarya sobat

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

@Prayuza zafin : Betul sekali kawan, hak kita sampai sekarang Masih dijajah
@Elang Antarnusa : Terimakasih semangatnya broo

Gieterror mengatakan...

bner bner sob indonesia masih belum merdeka dari
kemiskinan, pengganguran, dll..

iksank Bangsawan mengatakan...

BELUM !!!! KARENA TERLALU BANYAK YANG MENDERITA?!

ZAENUL ARIPIN mengatakan...

wah indonesia sejek dulu smpai sekarang belum merdeka ...banyk terjadi korupsi di indo tuntaskan orang-orang rakus

Yoga Kucing mengatakan...

kalo yang namanya merdeka ya bebas dari penjajah,,,

koruptor itu penjajah.. dari luar yang mempunyai alibi,...!!

perlu di tuntaskan...!!

DEAS REVIDRIAN mengatakan...

maerdeka ttp mrdeka,,,y gag???

akhyar.info mengatakan...

sy rasa Indonesia belum sepenuhnya Merdeka...
tp ku tetep cinta INDONESIA...
Hidup Indonesia !!!

BeDa mengatakan...

Kemerdekaan hakiki dimulai dari kemerdekaan dari peribadatan kepada selain Allah menuju kemerdekaan kepada Allah semata

Salam ukhuwah

M. Chandra Panjinata mengatakan...

menurut saya negeri kita sekarang malah dijajah oleh bangsa sendiri yang korup dan tidak amanah pada rakyat

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

Menurut saya Indonesia sampai saat ini belum MERDEKA,masih banyak rakyat yang kekurangan(tidak mamou),korupsi juga bangsa kita belum makmur dan sejahtera

anggasona mengatakan...

sy fikir blm benar2 merdeka, walaupun scara tertulis Indonesia bnr2 sudah merdeka, masih bnyk hal yg perlu di perbaiki lagi, mulai dari Kemiskinan, kebodohan dan lain2nya ..

Serba Serbi mengatakan...

kalo merdeka sih.. ya merdeka..
cuma rakyatnya belom semua sejahtera..

Belajar Ilmu Komputer mengatakan...

thnk infonya sob bermanfaat bagi saya merdeka yah..sukses selalu dan happy blogging selalu tentunya..mudah-mudahan di bulan suci ramadhan ini bisa mempertebal keimanan kita amin..salam blogger indonesia

rasiqzone mengatakan...

menarik sekali artikel ini..
memang menimbulkan banyak kontroversi kalau membicarakan kemerdekaan bangsa ini..
ada yang bilang sudah merdeka dan ada juga yang bilng blom merdeka..
dan memang itulah kenyataanya..
merdeka karena pemerintahan dipegang bangsa ini sendiri,, tidak merdeka karena sikap dan moral bangsa yang sangat memalukan..

Sir_Remo_Jr mengatakan...

sangat menggugah bro postingnya...tapi menurut ane sih tetep aja bro lebih baik merdeka skr dr pada masa penjajahan...walaupun masih banyak yg harus diperbaiki...btw..MERDEKA!!!!

jasa pembuatan warnet mengatakan...

cintailah produk dalam negeri

AZ COMSOFT mengatakan...

saya ikut prihatin dengan ini semua, Semoga Indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya

intuisiblog.com mengatakan...

masih banyak rakyat indonesia yang belum merdeka. mereka masih dijajah oleh kemiskinan. padahal dalam UUD '45 ada salah satu paal dan ayat yang berbunyi Anak terlantar dan orang miskin dipelihara negara.

samapi sekarang hal itu masih sekedar wacana, belum dapat diimplementasikan.

semoga saja rakyat indonesia segera merdeka dari kemiskinan dan kesengsaraan, sehingga terwujud keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.

fakta lompat mengatakan...

indonesia belum sepenuhnya merdeka bos!

taufik mengatakan...

Merdeka ya... kaya nya belum tuh
tapi ko dah ditulis merdeka ya
lha wong saya aja masih di jajah kemiskinan ama pengangguran ko..
masih banyak kok yang di jajah kelaparan...

Muhammad Taqi mengatakan...

bener bener belum merdeka :)

Zendry Maulana mengatakan...

Walau sudah merdeka tetapi masih banyak saja masalah yang dihadapi ini .

sofilmendo mengatakan...

Indonesia ku rasa belum MERDEKA dengan seutuhnya... karena Ekonomi di Indonesia masih semrawut,,,

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut