Idul Fitri dan Tradisi

Senin, 30 Agustus 2010

Pergi ke pusat mall atau pusat perbelanjaan menjelang lebaran prikitiewww. Yah Bulan Ramadhan hampir habis dan Idul Fitri "Lebaran" hampir tiba (ya masih satu minggu lebih). Rasanya perlu kita baca postingan berikut dari PIK Remaja Al-Hikmah berikut ini :

Bisa dikatakan, di negara kita tercinta ini (Shobat cinta ga?),  Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran adalah hari raya paling sakral. Hari raya mana lagi coba, yang sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan dan kenegaraan, selain Lebaran?. Bahkan tak jarang dari agama Non muslim (Islam) pun ikut dengan gegap gembita merayakannya.

Mulai dari tradisi Mudik bin Pulang Kampung Halaman. Yang akan terjadi pula tradisi penangkapan calo, tradisi penambahan sarana transportasi, tradisi kecelakaan, tradisi macet parah, plus tradisi promosi bagi dealer kendaraan sampai provider telepon seluler.

Tradisi harga naik. Mulai dari harga tiket kendaraan, tradisi sembako naik, harga daging naik, semua naik dah! bahkan tiket WC umum di terminal, stasiun pun juga ikut naik (kwkwkwkaka)..

Tradisi THR (ini diya yang ku tunggu-tunggu). Setahuku, perusahaan-perusahaan memberikan THR pada hari Idul Fitri sama Natal aja (tetep, yang paling heboh pas lebaran). Kan rugi juga kalau setiap hari raya ada THR. Indonesia terlalu banyak hari raya mungkin yah? Nah, tradisi ini juga yang nanti akan merembet ke Tradisi Baju baru, Sepatu baru, sandal baru yang terpenting pacar dan isteri juga ikut baru, heheheh...jadi bahaya  nich.
   
Tradisi Discount besar-besaran di mall, dan pusat perbelanjaan. Padahal tradisi Discount besar-besaran ini banyak para konsumen ditipu. padahal sebelum oknum Mall dan Pusat Perbelanjaan memberikan discount terlebih dahulu metreka menaikkan harganya.... Sama aja boong bukan ???? wah kita ketipu. Kalo dah begini dijamin dech Masjid jadi sepi dan mall jadi meledak gas Elpiji-nya pengunjungnya.

Tradisi kejahatan. Wah ini yang paling bahaya, dengan semakin dekatnya hari raya, tradisi kejahatan juga meningkat, kata si pelaku kejahatan jika tertangkap dan diinterogasi, dia merampok, mencuri, mencopet guna kebutuhan hari raya Idul Fitri. Busyet.... bukan tradisi yang disalahkan malah Hari Raya Idul Fitri nya yang disalahkan, dasar penjahat masuk neraka nanti kau...!!! kwkkwk.


Mendingan shobat semua membiasakan Tradisi Silaturohmi, Tradisi mempayar zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, Tradisi memberi shodaqoh, Tradisi bermaaf-maafan. Tradisi ini malah lebih banyak manfaatnya ketimbang tradisi diatas.


Kalau aku sich Suka Tradisi Ketupat.... Sikat Habis.... kwkwkwk. Kan adanya cuman setahun sekali pas hari raya Idul Fitri.

eeeeehhhh....hampir lupa. Satu Lagi Tradisi Lebaran yang Paling Aku suka, Angpao, uang saku, wisit masih panyak nama-nama lainnya. Tradisi ini adalah tradisi yang banyak ditunggu-tunggu, karena sehabis silaturohmi di rumah tetangga bagi yang masih kecil biasanya mendapatkan uang, angpao, wisit. Waduh teringat masa lalu nich. Tapi sayang setelah beranjak dewasa sudah ngga ada lagi yg ngasih. kwkwkwk.

Padahal Hari Raya Idul Fitri khan Hari Kemanangan bagi yang menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1 Bulan Penuh, tapi kenapa yang tidak menjalankan ibadah puasa juga ikut gegap gempita merayakannya ya ??? kira-kira dia malu nggak ya ??? So pasti tetap sambut hari raya Idul Fitri dengan gegap gempita Gema Takbir.

11 komentar

Asis Sugianto mengatakan...

Wah saya gak mudik tuh sob, aln masih di kampung sendiri....

komgue : komputer gue mengatakan...

kayaknya cuman di Indonesia, ada yg namanya THR, ada yg namanya Rampok, TT

Googlid | Googlenya Blogger Indonesia mengatakan...

yang penting ada tradisi bagi-bagi uang.. hehe.. :D

Menjadi Blogger yang Bahagia mengatakan...

artikel ny mantap bos

Download Software Terbaru mengatakan...

mudik pulang kampung dll,,
sudah menjadi tradisi saya sejak kecill..
nice info sobbb..

Azumamaro Nakamura mengatakan...

Mudik-mudik.... :P aq sukanya Tradisi Ketupat sama Tradisi Angpao

menjadi blogger yang bahagia mengatakan...

bener banget tuh..
kalo ane sih,
bagian THRnya yang ane tunggu ^_^

Ka Damar mengatakan...

mudik euy, tp aku asli desa, jd g mudik

hasbi mengatakan...

saya ga mudik nih dari dulu juga

video anak smp mengatakan...

tradisi yang tetap lestari..mantab

Page Rank Generator smp mengatakan...

aku lagi ngerti kalo tarif wc umum juga naik wkwkwkwk.. waktu mkecil dulu sering bikin mercon, meriah kalo inget jelang lebaran di kampung :)

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut