Hikmah dan Manfaat Puasa

Minggu, 15 Agustus 2010

Apa sih Hikmah dan Manfaat Puasa Shaum (puasa) yang disyari'atkan dan difardhukan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya...??? Puasa mempunyai hikmah dan manfaat yang banyak sekali bagi manusia. Di antara hikmah puasa adalah bahwasanya puasa itu merupakan ibadah yang bisa digunakan seorang hamba untuk bertaqarrub kepada Allah dengan meninggalkan kesenangan-kesenangan dunianya seperti makan, minum dan menggauli istri (menggauili istri saja ga boleh apa lagi pacaran, bergandengan tangan, kwkwkwk. dengar tuch para Remaja) dalam rangka untuk mendapatkan ridha Rabbnya (Allah SWT).

Hikmah puasa yang lain adalah bahwa puasa adalah sarana untuk menghadapi derajat takwa apabila seseorang melakukannya dengan sesungguhnya (sesuai dengan syari'at). Allah Ta'ala berfirman (yang artinya):
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa." (Al-Baqarah:183) Orang yang berpuasa berarti diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah, yakni dengan mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Inilah tujuan agung dari disyari'atkannya puasa. Jadi bukan hanya sekedar melatih untuk meninggalkan makan, minum dan menggauli istri.

Apabila kita membaca ayat tersebut, maka tentulah kita mengetahui apa hikmah diwajibkannya puasa, yakni takwa dan menghambakan diri kepada Allah. Adapun takwa adalah meninggalkan keharaman-keharaman, dan kata takwa ini ketika dimutlakkan (penggunaannya) maka mengandung makna mengerjakan perintah-perintah dan meninggalkan larangan-larangan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang tidak bisa meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh terhadap amalan dia meninggalkan makanan dan minumannya." (HR. Al-Bukhariy no.1903)

Berdasarkan dalil ini, maka diperintahkan dengan kuat terhadap setiap orang yang berpuasa untuk mengerjakan segala kewajiban, demikian juga menjauhi hal-hal yang diharamkan baik berupa perkataan maupun perbuatan, maka tidak boleh mencela, ghibah (menggunjing orang lain), berdusta, mengadu domba antar mereka, menjual barang dagangan yang haram, mendengarkan apa saja yang haram untuk didengarkan seperti lagu-lagu, musik ataupun nasyid, yang itu semuanya dapat melalaikan dari ketaatan kepada Allah, serta menjauhi segala bentuk keharaman lainnya.

Apabila seseorang mengerjakan semuanya itu dalam satu bulan penuh dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah maka itu akan memudahkannya kelak untuk istiqamah di bulan-bulan tersisa lainnya dalam tahun tersebut. Akan tetapi betapa sedihnya, kebanyakan orang yang berpuasa tidak membedakan antara hari puasanya dengan hari berbukanya, mereka tetap menjalani kebiasaan yang biasa mereka lakukan yakni meninggalkan kewajiban-kewajiban dan mengerjakan keharaman-keharaman, mereka tidak merasakan keagungan dan kehormatan puasa.

Perbuatan ini memang tidak membatalkan puasa tetapi mengurangi pahalanya, bahkan seringkali perbuatan-perbuatan tersebut merusak pahala puasa sehingga hilanglah pahalanya.

Hikmah puasa yang lainnya adalah seorang kaya akan mengetahui nilai nikmat Allah dengan kekayaannya itu di mana Allah telah memudahkan baginya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, seperti makan, minum dan menikah serta apa saja yang dibolehkan oleh Allah secara syar'i. Allah telah memudahkan baginya untuk itu. Maka dengan begitu ia akan bersyukur kepada Rabbnya atas karunia nikmat ini dan mengingat saudaranya yang miskin, yang ternyata tidak dimudahkan untuk mendapatkannya. Dengan begitu ia akan berderma kepadanya dalam bentuk shadaqah dan perbuatan yang baik lainnya.

Diantara hikmah puasa juga adalah melatih seseorang untuk menguasai dan berdisiplin dalam mengatur jiwanya. Sehingga ia akan mampu memimpin jiwanya untuk meraih kebahagiaan dan kebaikannya di dunia dan di akhirat serta menjauhi sifat kebinatangan. Puasa juga mengandung berbagai macam manfaat kesehatan yang direalisasikan dengan mengurangi makan dan mengistirahatkan alat pencernaan pada waktu-waktu tertentu serta mengurangi kolesterol yang jika terlalu banyak akan membahayakan tubuh. Juga manfaat lainnya dari puasa sangat banyak.

20 komentar

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

Memang banyak Manffat dan Hikmah yang dapat kita ambil di dalam bulan Ramdhan ini

syahida mengatakan...

Karena begitu banyak hikmah dan manfaatnya.... harus digunakan dengan sebaik-baiknya...

Hizrian mengatakan...

puasa banyak manfaatnya
telah dibuktikan oleh pakar2 kesehatan

BeDa mengatakan...

Selamat menunaikan ibadah puasa. Moga puasanya berkualitas dan mengantarkan jadi pribadi bertaqwa

Salam ukhuwah

Islamic.Net mengatakan...

memang banyak hikmah dan manfaat dari shaum

M. Chandra Panjinata mengatakan...

bersyukur dipanjangkan Allah umurku hingga dapat bertemu Ramadhan tahun ini...

Gieterror mengatakan...

bner sob banyak hikmah dan manfaat di bulan ramadhan ini..
mantapppp lanjutkann..

Serba Blog mengatakan...

setuju gue sob...
banyak hikmah dan manfaat dibalik bulan ramadhan,,,

Andi Wong mengatakan...

hikmah puasa itu bermacam2 gan.. salah satunya yg lo jelasin diatas.. hikmah puasa lebih berarti lagi apabila terasa ada perubahan di ahlak & tingkah laku kita ..begitu terasa di tenang/nyaman/terasa dekat dg kekasih(Allah SWT) kita.. :)

K-blogger mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa :)

marsmaster mengatakan...

Wah Gambarnya Kubah Emas Y...
Keren sob...

o'o mengatakan...

salam persahabatan,,,,,selamat menunaikan ibadah puasa,,,,

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

@ibnu : betul sekali kawan
@shida : Kita harus berusaha menjaga kualitas puasa kita
@Hizrian : kwkwkwk, siapa saja 2 pakar tersebut
@BeDa : Yupzz, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa juga teman
@Islamic. Net : Betul sekali kawan
@M. Chandra : Semoga kita diberikan umur panjang tuk menempuh puasa tahun depan lagi
@Gieterror : makasih kawan, lanjutkan
@Serba Blog : OK...ok
@Andi Wong : Betul sekali broo
@K-Bloger : SelamatMenunaikan Ibadah Puasa Juga
@Marsmaster : ya kawan
@0'0 : Salam kenal juga kawan

penghuni60 mengatakan...

Segenap family Penghuni 60 mengucapkan:
"Selamat menunaikan ibadah puasa, smoga puasa kita diterima olehNya"
Amin

Luthfi Fuadi mengatakan...

saya sangat suka dengan artikel diatas..memang dalam dunia kesehatan shaum adalah alternatif yang bisa befungsi sebagai obat..(tambahan) ^_^

sofilmendo mengatakan...

wah2,, ternayata banyak juga ya hikmah puasa tu...

Azumamaro Nakamura mengatakan...

Banyak hikmah nya ya... thanx infonya

DEAS REVIDRIAN mengatakan...

koment q yg ke 2!heheheee

G nyangka sbnyak itu y manfaat puasa untuk umat manusia!

furawa mengatakan...

bulan suci sayang manusia2nya ga sesuai bln ini pada makan ngeroko di jalanan kaya binatang

Dyah Aditya Pramadani mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa yah!! :)

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut