Apa Sih HIV dan AIDS itu ?

Minggu, 01 Agustus 2010

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Merupakan virus penyebab AIDS yang melemahka sistem kekebalan tubuh.

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan kumpulan dari beberapa gejala akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV sehingga orang yang telah terinfeksi HIV mudah diserang berbagai penyakit yang bisa mengancam hidupnya.


Perjalanan Infeksi HIV
HIV menular melalui penggunaan jarum suntik secara bergantian, jarum suntik bekas pakai, jarum suntik yang tidak steril, melakukan hubungan seks berganti-ganti pasangan, atau proses penularan dari ibu ke bayi melalui proses : hamil, melahirkan, dan menyusui. Setelah masuk dan menginfeksi manusia selama 2 minggu sampai 6 bulan ( 3 bulan pada 95% kasus) merupakan masa antara masuknya HIV ke dalam tubuh sampai terbentuknya antibody (penangkal penyakit) terhadap HIV atau disebut juga HIV Positif. Pada fase ini HIV sudah dapat ditularkan kepada orang lain walaupun hasil tes masih negatif. Fase ini disebut fase jendela. Setelah melalaui fase jendela. Selama 3 – 10 tahun setelah terinfeksi HIV, Seseorang yang telah mengidap HIV Positif tidak akan menampakkan gejala, tampak sehat, dan dapat beraktifitas seperti biasa. Baru setelah 1-2 tahun kemudian mulai timbul infeksi opportunistik ( penyakit lain yang muncul karena sistem kekebalan tubuh menurun). Obat ARV ( Anti Retro Viral ) yang diminum pada fase ini dapat menekan pertumbuh HIV tetapi obat ini tidak menghilangkan virus HIV tersebut.

8 komentar

sofilmendo mengatakan...

wahh...PERTAMAX kang.trimaksih atas infonya kawan

kangS mengatakan...

kedua ah..selamatkan dunia dari hiv

dicky-dyg mengatakan...

ketigaX ......

Ka Damar mengatakan...

HIV AIDS itu DOsa YG HARUS DITANGGUNG

Syara' Syafi'i mengatakan...

jangan sampai tu kena HIV

Sir_Remo_Jr mengatakan...

serem yah klo kena...amit amit dehh

net mengatakan...

wah ngeri tuh kalo kena penyakit yang satu ini

Worlds Enterprise mengatakan...

penyakit ini berbahaya sekali tapi nga bisa di bendung karena cara penularannya enaaaaaak banget. he he he eh

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut