Remaja dan Ramadhan

Selasa, 10 Agustus 2010

Marhaban Ya Ramadhan  



Sahuuur, sahur…..sahuuur, sahur…… prikitiiiiiiiwwwww…..akhirnya Ramadhan datang juga. Sebuah bulan yang istimewa, bulan yang penuh barokah dan pahala, serta bulan yang mungkin bagi beberapa diantara kita punya makna khusus didalamnya (apaan, tuh…..) Misalnya aja, pas bulan Ramadhan kita dapat temen baru, atau….pas bulan Ramadhan, karena termotivasi dengan adanya pahala yang berlipat ganda, kita bisa katam Al-Qur'an sampai 5 kali (Subhanallah…). Atau, yang satu ini, nich….pas hari Lebarannya kita bisa dapat buanyak "uang saku"…(ngaku aja dech….jangan-jangan ini yang ditunggu …..) 



Di bulan Ramadhan ini kita dilatih untuk jujur, lho kok bisa...? Puasa itu adalah ibadah yang tidak tampak secara fisik, sobat bisa aja kan makan dan minum tp pura2 puasa kan? Tapi yakin deh sobat PIK Remaja Al-Hikmah orangnya jujur semua (he...he...GR juga gpp koq!) yang berarti kita berlatih sifat Muraqabah (selalu merasa diawasi Allah) dalam keadaan ramai maupun tersembunyi, di rumah atau di masjid sama saja. Jadi kita harus jujur pada diri kita, kalo kita niatnya puasa ya puasa karna Allah. Soalnya puasa itu diwajibkan pada seluruh umat islam yang udah baligh n berakal (tidak crazy alias Gila). Kalo sobat coba-coba untuk tidak berpuasa tanpa alasan ato ngebatalin puasa, berarti shobat Mania sama dengan OrGil (alias Orang Gila) dunk? (emang mau shobat dikata orang Gila...kwkwkwk)

Truz, Ramadhan juga mengajarkan kita disiplin. sebab segala aktifitas kita lebih terjadwal. Mulai dari sahur sampe buka puasa. Gak mungkin kan kita Sahur lewat dari batasan waktu sahur? Gak mungkin juga kan kita berbuka sebelum terdengar adzan magrib? walaupun Cuma sedetik aja...kita gak berani tuk ngelanggar....betul apa betul...??? Semuanya lebih terjadwal, ya gak? sebab sebagai seorang muslim, kita kudu disiplin dalam menghadapi waktu. Soalnya Allah aja bersumpah atas nama waktu dalam surat Al-Ashr. Karena saking krusialnya posisi waktu dalam kehidupan para makhluq ciptaan Allah. Paling nggak dalam bulan Ramadhan ini kita jadi lebih menghargai waktu. Jangan ampe ada waktu yang terlewat begitu saja tanpa melakukan apa-apa dalam rangka beribadah. Ataupun melakukan apa-apa namun suatu hal yang sia-sia. Ingat men!! Dibulan ini Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda.
 
Sobat Remaja,  kadang-kadang prihatin neh ngeliatin perilaku remaja-remaja muslim yang makin lama makin aneh aja. Gimana nggak aneh coba? Ibadah di bulan Ramadhan jalan, maksiatnya juga tetep jalan. Naudzubillah.....! coba aja deh liat, bagi para aktivis pacaran (sori neh kalo nyinggung, sebab emang sengaja nyinggung he....he...) mulai dari JJP (Jalan2 Pagi), ngabuburit yang gak jelas, ampe tarawih pun di embel-embeli ama pacaran. Astaghfirullah! Eling – eling! Di bulan suci koq malah gak karuan gini?  Yang seharusnya kita penuhi dengan seabrek amalan perbuatan yang bisa melatih diri kita untuk bisa jadi seorang muslim sejati. Bisa2 ntar pahala sobat Mot habis digerogoti sama semua maksiat itu tadi, kecantol disana-sini, abiz deh! Cuman dapet lapar ‘n haus dong....kacia....an dech loe. 

Yang jelas, sebenarnya……Ramadhan adalah bulan penggemblengan diri, yang hasilnya adalah apa yang tampak pada diri kita setelah keluar dari bulan tersebut…… Apakah kita sama saja dengan bulan-bulan yang lalu, ataukah kita jadi sosok yang beda…..yaitu sosoknya sang juara. Ibaratnya, Ramadhan itu adalah bulan penggemblengan…..pembinaan….dan penyaringan….. Sehingga, Allah akan melihat mana diantara hamba-Nya yang telah berhasil dengan pembinaan ini dan keluar sebagai seorang juara, dan mana yang hanya ikutan trend aja (trendnya jilbaban…..dia pake' jilbab, trendnya puasa…dia ikutan puasa, sampe'-sampe' trendnya sekarang pergaulan bebas atau bahkan ngonsumsi obat terlarang…..dia ikutan juga…..?!!). Yang jelas, orang-orang yang terakhir ini, boro-boro jadi juara……malah masuk penjara kali….

Kesimpulannya….jangan sia-siakan moment yang bagus ini untuk menggembleng diri kita menjadi muslim (remaja) yang Islami. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan…..dan jangan lupa bahwa adzab Allah pasti akan kita hadapi. Nah, Sobat…mumpung masih diberi waktu, jangan sampe' tersia-siakan….Mumpung kita masih muda...OK!!

“Sekiranya manusia mengetahui kebaikan-kebaikan yang terdapat di bulan Ramadhan, tentulah mereka mengharapkan agar seluruh bulan adalah bulan Ramadhan”  [HR. Ibnu Huzaimah]

"Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah Rabbul'alamin." (QS. Al-An'am : 162)

25 komentar

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

bener sob,memang remaja sekarang pada begitu kelakuannya,yakh kita doain aja.

Saya juga kangen sama orang yang teriak Sahur..Sahur...Sahur..Sahur.., MANTAB juragan

AZ COMSOFT mengatakan...

MARHABAN YA RAMADHAN

PeJhes mengatakan...

Thx.. nice artikel

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

bulan ramadhan adalah bulan mulia penuh hikmah, rahmat dan barokah mari kita manfaatkan dengan sebaik²nya...ingatlah belum tentu kita akan berjumpa lagi tahun depan,
selamat menunaikan ibadah puasa mohon maaf lahir batin.
Sukses Slalu!

Sir_Remo_Jr mengatakan...

met puasa semua :)

Serba Blog mengatakan...

bner tuh sob...
remaja sekarng emng gtu...
makash artikelny kawan..

cak nun mengatakan...

marhaban ya ramdhan..selamat menunaikn ibadah puasa sobat

sofilmendo mengatakan...

marhaban ya ramadhan...selamat menunaikan ibadah puasa 1431 H...

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

Marhaban Ya Ramadhan to All
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Kawan Semua

Om Canel mengatakan...

selamat menunaikan ibadah puasa


jangan lupa mampir ke om canel ya???

Boy Malik mengatakan...

bulan suci ramadhan adalah dimana kita bisa menghapus dosa dosa

artikel psikologi mengatakan...

itulah Berkah dari bulan ramadhan

Belajar ilmu komputer mengatakan...

alhamdulilah ketemu blan ramadhan,,, n sambil ngeblog,, asyik tuh

Alex46 mengatakan...

Marhaban Ya Ramadhan Bro0o..

Angga J.P. mengatakan...

nice post keep post sob marahabn ya ramadhan ya...

ANDI WONG mengatakan...

gw tdi sahurnya malah apes gan.. mati lampu..kacau neh PLN.. byar-pet mulu... btw met menunaikan ibadah puasa..mhon maaf lahir & batin.. :)

Hizrian mengatakan...

setuju apa yang kamu bilang :)

Yuda Kurniawan mengatakan...

Marhaban ya Ramadlan PIK... mohon maaf bila ada salah salah kata yah..

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

@Yuda Kurniawan : PIK juga mohon maaf bila ada kesalahan kata, tinggah disaat sedang Blogging
@Hazrian : Makasih atas kunjungannya
@Andi Wong : Jangan-jangan rekening PLN nunggak 3 bulan, kwkwkwk
@Angga Jp : MetMenunaikan Ibadah Puasa
@Alex : Mohon maaf lahir batin
@all : yang ga sempet disebut Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

BeDa mengatakan...

Perlu dibaca oleh para remaja agar tidak terlewat momentum luar biasa ini dengan sia-sia

Salam ukhuwah

Theme Windows 7 mengatakan...

Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya sob..

Gieterror mengatakan...

marhaban yya ramadhan kawannn...
mohon maaf lahir dan batin...

PIK Remaja Al-Hikmah mengatakan...

@giterorr : Mohon maaf juga ea kawan

Bella_Edogawa mengatakan...

Selamat menunaikan ibadah puasa!
mohon maaf lahir dan batin yoaaa :D

DEAS REVIDRIAN mengatakan...

Koment saya yg ke 5!

Mohon mav lahir dan batin y sob!
met puasa smoga puasa u dtrima sma Allah!
amin!
dtunggu koment di blog aku!

Posting Komentar

Jangan Lupa KLIK Google+

Pengikut