Faktor yang mempengaruhi Siklus Haid

Selasa, 11 Mei 2010

Rata-rata siklus haid pada wanita adalah 28 hari, tetapi ada juga yang berbeda. Secara tehknis, siklus haid yang normal adalah antara 21 hari hingga 35 hari, jika sklus haid anda berubah itu merupakan vareasi dan normal.

Selain itu kenali juga siklus haid yang berubah atau bahkan terhenti untuk beberapa waktu, yaitu :
  1. Diet dan Olahraga. Diet dan olahraga dapat mempengaruhi siklus haid anda, jika anda latihan cukup keras dan asupan makanan tidak cukup, tubuh akan menyimpulkan anda tidak fit untuk hamil. Level estrogen akan menurun dan ovulasi terganggu atau malah berhenti. Artinya bisa saja seseorang yang ber-olahraga keras dan diet ketat seperti atlet, tidak mengalami haid selama bebrapa waktu. hal ini disebut hypothalamic amenorrhea.
  2. Berat Badan. Seperti juga diet dan olahraga, jika anda mengurangi asupan makan secara drastis, maka tubuh akan menyimpulkan anda dalam keadaan tidak sehat untuk hamil dan mempengaruhi proses ovulasi. Begitu juga kebalikannya, jika anda makan berlebihan dan berat badan mengalami penambahan atau kegemukan estrogen akan meningkat dan akan  menyebabkan siklus haid anda menjadi tidak teratur, itilah ini disebut menorrhagia.
  3. Kontrasepsi. Jika pemakaian kontra sepsi sepreti pil atau IUD membuat siklus haid akan datang tidak teratur, sebaikknya segera periksakan diri, ini menandakan suatu hal yang tidak normal.


    0 komentar

    Posting Komentar

    Jangan Lupa KLIK Google+

    Pengikut