Sirkulasi Darah Lancar Awal Hidup Sehat

Kamis, 13 Mei 2010

Kesehatan Jantung.

Apa Itu Sirkulasi Darah ???
Sirkulasi darah adalah kunci bagi kelangsungan proses di dalam tubuh. Tiap hari, sekitar sembilan ribu liter darah kaya oksigen dialirkan keseluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Motor penggeraknya adalah jantung.

Jantung terus memompa darah keseluruh tubuh. Darah mengalir membawa oksigen, memasok bahan bakar agar anggota tubuh dapat berfungsi optimal. mengingat tugas-tugasnya yang sangat penting, kelancaran sirkulasi darah wajib dijaga.

Sirkulasi Darah Lancar, Kerja Jantung Optimal
Saat anda bersantai atau beristirahat, bukan berarti jantung juga bersantai. Ia tetap bekerja, berdenyut hingga kira-kira 70 kali permenit dan memompa sekitar 5 liter darah keseluruh tubuh. Untuk menjaga proses ini, jantung anda membutuhkan suplay oksigen yang stabil.


Saat anda aktif bergerak, jantuk berdetak dua kali lebih cepat untuk menyediakan lebih banyak oksigen yang dibutuhkan tubuh. Tentunya jantung pun juga membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen.

Dinamika aktivitas tubuh perlu diimbangi dengan kemampuan darah memasok oksigen sesuai kebutuhan. Ini hanya bisa dicapai jika pembuluh darah mulus, lentur dan sehat. Sayang sekali akibat gaya hidup dan pola makan tak sehat, banyak orang menimbun kolestrol atau LDL pada dinding pembuluh darah nadi. akibatnya darah aterosklerosis.


Seseorang dikatakan mengalami aterosklerosis jika kolestrol dalam tubuh mengendap pada dinding bagian dalam pembuluh darah, jika endapan itu dibiarkan akan membentuk plak. Akibatnya dinding pembuluh darah mengeras dan aliran darah menjadi tidak lancar. Dan jantung pun tak bisa memasok oksigen dengan maksimal ke seluruh tubuh. Aterosklerosis bisa mengenai pembuluh nadi otak, ginjal dan lain-lain. Bila kondisi ini dibiarkan, akibatnya bisa fatal, seperti : Serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

Evaluasi Resiko Anda
Pada umunya, orang akan berfikir "Jantung Saya Sehat" sampai gejala-gejala yang jamggal mulai muncul. Ingat, mencegah lebih baik dari mengobati, karenanya akan jauh lebih aman bila anda tahu benar apa saja faktor resiko anda sebelum nasi menjadi bubur.

Jawab pertanyaan dibawah ini :
Pilih jawaban "YA" atau "TIDAK"
  1. Saya hobi makan enak (Makanan berlemak, fasfood, gorengan-gorengan, makanan manis, dan makanan prosesan)?
  2. Kadar kolestrol saya diatas 240 ?
  3. Tekanan darah saya diatas 120/80 ?
  4. Saya kelebihan berat badan ?
  5. Saya tidak rutin berolahraga dan jarang bergerak ?
  6. Saya seorang perokok ?
  7. Saya menghisap rokok lebih dara 4 batang rokok perhari ?
  8. Saya rentan stress ?
  9. Dikeluarga terdapat riwayat diabetes ?
  10. Dikeluarga terdapat riwayat hipertensi ?
  11. Di keluarga terdapat riwayat serangan jantung ?
==============================================================================
Bagai manakah cara menilai sekornya ???
Sederhana saja. Semakin banyak jawaban "YA" pada pertanyaan diatas, berarti semakin banyak pula faktor re4siko anda. ini akan memperbesar resiko gangguan sirkulasi darah dan penyakit kordiovaskular.
==============================================================================

Kiat Jaga Kelancaran Sirkulasi Darah
Aterosklerosis, gangguan sirkulasi darah serta resiko-resiko penyakit yang ditimbulkannya sebenarnya dapat dihindari, berikut ini kiatnya :
  • Berolahraga rutin
  • Hindari rokok dan polusi
  • Terapkan pola makan sehat
  • Kelola stress
  • Jaga berat badan ideal




    2 komentar

    yohan wibisono mengatakan...

    benar...sehat itu mahal harganya!! maka dari itu, jagalah kesehatan anda dengan gaya hidup yang sehat pula, gimana setuju?

    Unknown mengatakan...

    Setuju mas, lebih baik menjaga daripada kita terkena... kan bisa berat diongkos

    Posting Komentar

    Jangan Lupa KLIK Google+

    Pengikut